Oleh: sugiarto | 20 September 2016

gumun logam mulia

logam-mulia

 

Hari ini,berangkat kerja liat di jalanan mulai banyak yang jualan hewan kurban.Ada sapi,ada kambing,domba juga banyak.
Tapi tahukah kita,bahwa harga kambing dan kawan2nya itu,dari jaman Nabi sampai sekarang harganya relatif sama kalau dikonversikan ke uang Dinar……??

Harga seekor kambing layak kurban di jaman Nabi adalah satu dinar.Satu dinar itu berapa,sih…..?

Penjelasannya gini.
Satu keping dinar itu terbuat dari emas 22 karat seberat 4.25gr.
Biar gampangnya saya njelasin,saya ngga tau harga emas 22 karat.Makanya kita anggap aja satu dinar sama dengan 4 gram logam mulia,emas 24 karat aja deh.
Harga logam mulia hari ini sekitar 600 ribuan per gram.Jadi satu dinar tadi kurang lebih senilai 2.4juta.
Cukupkah duit 2.4 juta untuk beli kambing kurban hari ini??
Cukup.Malah dapet agak lumayan gede.

Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari fakta ini? Mata uang emas relatif stabil dalam jangka waktu lama.Bahkan ribuan tahun.
Bisakah instrumen ini(dinar dan logam mulia) dijadikan instrumen investasi? Bisa banget.

Misalnya begini.Kita sekarang lagi punya anak kelas 1 SD.Kita ingin anak kita nanti kuliah di universitas nganu dengan biaya saat ini misalnya 120juta.Tinggal kita konversikan saja duit 120jt tadi menjadi logam mulia.120jt dibagi 600rb,ketemulah angka 200gr.
Jadi untuk biaya anak kita kuliah di universitas nganu tadi,kita perlu menyiapkan emas murni 24 karat seberat 200gr seharga 120jt.
Saya yakin banyak diantara kalian yang bilang,hadeeewww……..duit 120jt darimana brow?
Mending bayar premi asuransi pendidikan aja bisa dicicil tiap bulan.Betul…….?

Tapi kabar baiknya adalah,saat ini beli logam mulia bisa dicicil.Di pegadaian dan semua bank syariah bisa.
Kalo nyicil sebesar itu kan berat brow,belum lagi cicilan rumah,mobil,motor…..bisa bengek kita.
Sabar…….jangan nafsu.Ini kan untuk kepentingan jangka panjang,kita bisa aja beli bertahap.Misalnya 10gr aja,dicicil,lunas,simpen,beli lagi,cicil lagi sampai terkumpul 200gr.

Trus kalo butuh duit mendadak gimana,kalo duit ditaruh di bank kan gampang ngambilnya.ATM di mana2 ada.
Logam mulia adalah instrumen investasi paling likuid dibanding instrumen investasi lain seperti properti dan surat berharga seperti saham,reksadana maupun obligasi dll.
Kalo butuh duit tinggal ke pegadaian atau ke bank syariah tadi.Emasnya digadaikan,dapet duit.Udah ada duit tebus lagi.

Kalo pengen jual gimana?
Tenang saja,semua toko emas pasti mau beli.Dan harganya ga akan beda jauh2 antar toko emas itu,karena mereka semua mengacu pada harga emas Antam yang berlaku hari itu.
Tapi saran saya,sih kalo udah pegang emas jangan pernah dijual.
Karena dia bisa berfungsi sebagai ‘pelindung’duit kita.Anti inflasi.
Juga kita harus inget misi awal kita ngumpulin emas tadi.Buat biaya kuliah anak kita yang baru kelas 1 SD.

Nah,langkah yang sama bisa kita lakukan kalo pengen beli rumah,mobil,motor dan lain2.Tunda dulu belinya,konversikan ke logam mulia,setelah terkumpul baru belanjakan.

Untuk asuransi juga bisa.Maksudnya buat menjamin hari tua kita.
Begitu saja deh,panjang banget nulisnya.Pegel.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: