Oleh: sugiarto | 5 Oktober 2010

gumun multilevel marketing..

     Minggu kemarin seorang sahabat saya datang ke rumah sambil tergopoh gopoh.Wajahnya begitu sumringah dan bersemangat.Ah,rupanya dia nganterin oleh-oleh dari Padang.Sekantong plastik ikan kecil-kecil yang saya sendiri tak tau namanya.Tapi saya tau,kalo sudah digoreng,rasanya gurih…apalagi kalo nasinya masih hangat.Sejenis teri sih,tapi bukan.

     Setelah saling bertanya kabar keluarga masing-masing,obrolan kami berlanjut ke topik lain.Tiba-tiba teman saya itu keluar dan mengambil sesuatu dari mobilnya.

     “Ini buat kamu dan bundanya Adis,”katanya.Aku menerimanya.

     “Apaan sih ini?”tanyaku.

      Akhirnya teman saya itu menjelaskan produk yang dibawanya.Namanya Herbalife.Yang diberikan ke saya itu adalah,Shake,makanan suplement sejenis sereal pengganti makan nasi yang berfungsi mengganti sel-sel tubuh yang rusak sehingga menyebabkan berbagai penyakit.Dan yang utama,produk ini sangat tepat dikonsumsi untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.Cara kerjanya,produk berbentuk serbuk ini disajikan seperti pop ice,diblender dulu baru diminum.Rasanya enak dan tersedia dalam tiga varian rasa.Coklat,strawberry dan vanila.Shake memberi efek kenyang tanpa takut kita kekurangan nutrisi,karena dalam produk ini terkandung seluruh nurisi yang dibutuhkan tubuh kecuali lemak.

     Dua hari kemudian sahabat saya itu datang lagi dan menunjukkan tiket seminar yang dibelikannya untuk saya.Kamu harus datang,katanya.Ah,bagaimana saya bisa menolaknya?


Responses

  1. hehehe
    usaha teman Om T2 itu kalau menurut saya kok wajar ya, terserah bidang usahanya apa, kalau dia mau meningkatkan level usahanya memang tidak bisa lepas dari sistim rayu atau lebih kerennya bisa disebut iklan.
    Sistem (iklan) ini pasti telah dianut manusia sejak jaman “berdagang” (kira2) hehehehe
    kalau jaman dulu mungkin baru diaplikasikan oleh para guru atau para tabib agar mereka mempunyai “nama” yang menjadi pergunjingan orang hehehehe
    untuk kawan Om T2 ini anggap saja seperti iklan SIM Card telepon seluler “gratis sim card”, oleh2 itu sim cardnya, dan kalau Om T2 mau dpt “sim card2” yg lain maka Om T2 hrs bli pulsa/program tmn Om T2 itu hehehehe
    sedangkan prinsip dari iklan memang harus melebih-lebihkan lah, seperti mengobati maag dlm 3dtk atau mencuci dgn sekali kucek hahahaha
    gitulah pokokmen wkwkwkwkwk

  2. Liat ah Om, blogku http://my.opera.com/raygank tak wenehi link, kategorine mari belajar, sing linke MLM (artikelmu iki), ngunu kuwi hukume piye jal? Bls d fb ya Om..

  3. Jika Anda sering mendengar/membaca bagaimana langkah-langkah sukses di bisnis jejaring (networking) . Saya mempunyai resep menuju kegagalannya….he..he..he…

    • boleh dishare,dong…biar ada counter,he..he..kan informasinya jadi seimbang….tengkyu dah mampir…

  4. saya juga gak ingin mengkritik bisnis MLM, cuma cara orang mengajak kita ke pertemuannya aja yang semakin ‘kreatif’ dan ‘menjebak’. hehe. saya masih tulis sih. ntar dikabarin deh kalo dah kelar😀

    • siiippp…ditunggu postingannya..

  5. wah. tadinya cuma iseng blogwalking ke mari, gak taunya anda membahas tentang trik orang menarik anda ke MLM. Hehe. Kebetulan saya juga lagi ingin posting soal yg sama. Emang ada2 aja cara orang menarik calon downline ya🙂

    Salam kenal dari blogger Depok

    • sebetulnya bukannya saya alergi apalagi menganggap bahwa sistem bisnis itu buruk,hanya saja saya ndak bisa mendengarkan orang yang ngomong terlalu tinggi…penalaran saya yang seringkali ndak nyampe…tapi menurut saya,bisnis apapun baik kalo dijalankan sepenuh hati,semangat tinggi,dan yang pasti karena memang bidangnya adalah kesukaan kita untuk mempertahankan passion kita…salam kenal juga,ya…?

  6. duh saya paling males MLM. tolak halus aja..

    salam kenal ya..blognya keren. simpel

    • saya juga dah jenuh sama tawaran MLM,mas…ngurusin usaha yang dah jalan aja tenaganya ga cukup2 masih ditambahin mimpi2 yang ketinggian gitu…males..makasih kunjungannya,ya…?

  7. akhirnya berangkat ke seminar gak mas?😀

    • karena ga enak dah dibeliin tiket(harganya 80rb),saya berangkat juga,wong tinggal duduk manis,dijemput,disetirin,dan makan siangnya lumayan…hoka2 bento,he..he..

      • wah enak tenan…
        tp biasane besok-besok diajak lagi…😀

      • kalo dapet gratisan lagi ya mosok ditolak,he..he…

  8. Itulah hebatnya MLM……….. kita harus salut akan keuletannya, tapi kita harus sadar apakah usaha ini seperti bubble gum…. yang tidak tau ujungnya?????

    • nulise durung rampung wis kepencet publish iku,yon..ha..ha…tapi yang saya garis bawahi di sini sebetulnya kekuatan promosi below the line lewat mouth to mouth karena semua anggota memberikan testimoni atas produk yang dikonsumsinya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: