Oleh: sugiarto | 9 November 2013

gumun karang taruna

Beberapa hari kemarin saya menemukan sebuah group di facebook.Membaca namanya,ahh…Bhakti Kridha Taruna.Seketika ingatan yang udah mulai menua ini berkelebat,berkelana,mengembara(he..he..udah keliatan puitis belon,yak..)ke masa masa lebih 25 taun silam.Masa masa kelulusan SMA,masa masa mendekati nganggur,masa masa mulai belajar dagang…wuihh!!!

Pagi itu cuaca masih mendung.Jalanan kampung masih becek lebih dari biasanya karena guyuran hujan semalam.Tapi kami anak anak muda udah berkumpul untuk kerja baktibacalanjutannya.Eh,sebetulnya bukan kerja bakti,ding..!!Soalnya kami dibayar,sih…Jadi ceri tanya begini,kami anak anak muda,yang lagi semangat semangatnya pengen bikin karang taruna(maksudnya biar ga kalah sama kampung kampung lain yang lebih maju gitu..)mendapat dukungan penuh dari Pak Mantri.Yang ngga ngerti Mantri itu apa,biar saya jelasin dikit….Pak Mantri adalah Kepala Resort Pemangkuan Hutan….tambah bingung,yak?Beliau adalah pejabat Perhutani yang mengepalai Resort Hutan,hallah..tambah mbulet,pokoknya kalo di kepolisian ya Kapolsek gitu kalilah,ya….

Back to topik,ya…Ceritanya Pak Mantri ini ada proyek pembersihan semak semak di pinggir hutan.Biasanya pekerjaan kecil gini dikerjain oleh warga desa yang ditunjuk dan biasanya dikerjain dengan cara borongan.Pekerjaan inilah yang sama Pak Mantri diserahin ke kita para pemuda(juga pemudi tentunya) dan nanti duitnya kita pakai buat kas organisasi…#ceilah..keren banget,organisasi!!Dan hebatnya sodara sodara,pekerjaan kali ini bukanlah pekerjaan kami yang pertama.Kami sudah beberapa kali bekerjasama dengan Perum Perhutani mengerjakan pekerjaan pekerjaan sejenis ini dan hasilnya,kas kami sudah lumayan banyak.

Dari uang honor kerja bakti itu,setelah terkumpul kami putar kembali dengan cara dipinjamkan kepada anggota yang membutuhkan.Kepada anggota yang meminjam dikenakan bunga…ha..ha…termasuk riba kali itu,ya?Habisnya saat itu kami belum paham soal riba ribaan dalam bisnis,dan juga kalo didiemin dan cuma dipegang bendahara nanti jadi banyak prasangka yang bukan bukan.Kasihan yang jadi bendaharanya,kan…??

Bulan demi bulan berlalu.Karang taruna kami senakin berkembang.Keuangannya juga semakin solid.Kalo ada anggota kami yang punya hajat,nikahan misalnya,karang taruna ngeluarin dana sumbangan dari kas.Kami juga membantu jadi pelayan dan penyambut tamu undangan dengan mengenakan seragam kebanggaan kami berikut pin Bhakti Kridha Taruna.Sebuah kebanggan tersendiri bagi kami saat itu…Karena apa? Kami hanyalah anak anak dusun yang lokasinya terpencil,jauh dari peradaban karena terisolasi hutan.Pendidikan kami juga rata rata cuma Sekolah Dasar,paling banter SMP.Kali ini saya boleh nyombong dikit karena saya satu satunya yang lulus SMA,ha..haa….

Tapi dari sini saya belajar bahwa pendidikan formal bukanlah segalanya.Lebih penting dari itu adalah kemauan kita untuk belajar,keikhlasan kita untuk selalu mengosongkan cangkir dan mendengar pendapat orang lain,berpikiran terbukalah pokoknya.Seperti teman teman saya di Segoro Gunung ini.Mereka,kami kami ini bukanlah orang orang terpelajar.Kami hanya ingin berbuat sesuatu untuk kampung halaman kami sekedar agar tidak terlalu tertinggal dengan dusun dusun lain di desa kami.Semoga semangat kami kami yang sekarang sudah mulai tua ini diwarisi oleh adik adik kami,anak anak kami,cucu cucu kami….hallahhh…

Salam sukses buat anak anak Segoro Gunung,baik yang tergabung dalam group,maupun yang kini masih aktif di Karang Taruna.Tetaplah bersemangat untuk memperbaiki keadaan,belajar mengembangkan diri,dan tetaplah berpikiran terbuka dan mengembangkan wawasan kalian….

Cikarang,09 November 2013


Responses

  1. ndak muluk2 bos, cuma menumbuhkan semangat kayak dulu lagi iku sing angel bos.

    • kalo kami kami dulu,rasanya sih ngga muluk2,ya…boro2 paham soal visi misi,pokoknya yang penting ngumpul,rembugan tentang sesuatu yang baru,sepakat dan kerjakan.Banyak juga sih kadang pandangan sinis,terutama dari kaum tua,tapi kita mah ndableg aja..ha..haa…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: